1.PENGERTIAN REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Suatu disiplin ilmu yang membahas semua aspek produksi perangkat lunak, mulai dari tahap awal yaitu analisa kebutuhan pengguna, menentukan spesifikasi dari kebutuhan pengguna, disain, pengkodean, pengujian sampai pemeliharaan sistem setelah digunakan.
2.TUJUAN REKAYASA PERANGKAT LUNAK
a. Memperoleh biaya produksi perangkat lunak yang rendah.
b. Menghasilkan perangkat lunak yang kinerjanya tinggi, andal dan tepat waktu.
c. Menghasilkan perangkat lunak yang dapat bekerja pada berbagai jenis platform.
d. Menghasilkan perangkat lunak yang biaya perawatannya rendah.
3.RUANG LINGKUP REKAYASA PERANGKAT LUNAK
•Software requirements berhubungan dengan spesifikasi kebutuhan dan persyaratan perangkat lunak.
•Software design mencakup proses penentuan arsitektur, komponen, antarmuka, dan karakteristik lain dari perangkat lunak.
•Software construction berhubungan dengan detil pengembangan perangkat lunak, termasuk algoritma, pengkodean, pengujian, dan pencarian kesalahan.
•Software testing meliputi pengujian pada keseluruhan perilaku perangkat lunak.
•Software maintenance mencakup upaya-upaya perawatan ketika perangkat lunak telah dioperasikan.
•Software configuration management berhubungan dengan usaha perubahan konfigurasi perangkat lunak untuk memenuhi kebutuhan tertentu.
•Software engineering management berkaitan dengan pengelolaan dan pengukuran RPL, termasuk perencanaan proyek perangkat lunak.
•Software engineering tools and methods mencakup kajian teoritis tentang alat bantu dan metode RPL.
•Software engineering process berhubungan dengan definisi, implementasi, pengukuran, pengelolaan, perubahan dan perbaikan proses RPL.
•Software quality menitikberatkan pada kualitas dan daur hidup perangkat lunak.
4.KETERKAITAN REKAYASA PERANGKAT LUNAK DENGAN BIDANG ILMU LAIN.
•Bidang ilmu manajemen meliputi akutansi, finansial, pemasaran, manajemen operasi, ekonomi, analisis kuantitatif, manajemen sumber daya manusia, kebijakan dan strategi bisnis.
•Bidang ilmu matematika meliputi aljabar linier, kalkulus, peluang, statistik, analisis numerik dan matematika diskrit.
•Bidang ilmu manajemen proyek meliputi semua hal yang berkaitan dengan proyek, seperti ruang lingkup proyek, anggaran, tenaga kerja, kualitas, manajemen resiko, dan penjadwalan proyek.
•Bidang ilmu manajemen kualitas meliputi pengembangan sistem kualitas, manajemen resiko dan keandalan, perbaikan kualitas, dan metode-metode kuantitatif.
•Bidang ilmu ergonomika menyangkut hubungan (interaksi) antara manusia dengan komponen-komponen lain dalam sistem komputer.
•Bidang ilmu rekayasa sistem meliputi teori sistem, analisis biayakeuntungan, pemodelan, simulasi, proses dan operasi bisnis.
5.PERKEMBANGAN REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Tahun 1940an : Komputer pertama yang membolehkan pengguna menulis kode program langsung.
Tahun 1950an : Generasi awal interpreter dan bahasa macro. Generasi pertama compiler.
Tahun 1960an : Generasi kedua compiler, komputer mainframe mulai dikomersilkan, pengembangan perangkat lunak pesanan, konsep software engineering mulai digunakan.
Tahun 1970an : Perangkat pengembang perangkat lunak, perangkat minicomputer komersial.
Tahun 1980an : Perangkat PC komersial, peningkatan permintaan perangkat lunak.
Tahun 1990an : Pemrograman berorientasi obyek (OOP), peningkatan drastis kapasitas memori, peningkatan penggunaan internet.
Tahun 2000an : Platform interpreter modern (Java, .Net, PHP), outsourcing.